RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 1
Madrasah
|
:
|
MA
Abu Darrin
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
FIQIH
|
Kelas/
Semester
|
:
|
X
/ 1
|
Materi
Pokok
|
:
|
Konsep Fikih dalam Islam
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
2 TM (45 x 4)
|
A.
KOMPETENSI INTI
KI
1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
KI
3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
1.1 Meyakinikesempurnaan ajaran agamaIslammelalui
komlpleksitasaturanfikih
2.1 Menunjukkan
perilaku taat terhadap ketentuanhukumfikihdalamkehidupan sehari-hari
|
-
-
-
|
|
|
3.1.
MemahamikonsepfikihdalamIslam
4.1.
MempresentasikankonsepfikihIslam
|
3.1.1
Menjelaskan konsep fikih dalam
Islam
3.1.2
Menjelaskan ruang lingkup fikih
3.1.3
Menjelaskan perbedaan fiqih,
syari’ah dan ibadah
3.1.4
Menjelaskan macam-macam ibadah
dan karakteristiknya
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti pembelajaran ini melalui multiplemethods, peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
konsep fikih dalam Islam
2. Menjelaskan
ruang lingkup fikih
3. Menjelaskan
perbedaan fiqih, syari’ah dan ibadah
4. Menjelaskan
macam-macam ibadah dan karakteristiknya
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Konsep Fikih dalam Islam
2. Ruang Lingkup Fikih
3.
Perbedaan Fikih dengan
Syari’at
4. Ibadah dan Karakteristiknya
5.
Tujuan ibadah dalam Islam
6.
Rukun Ibadah
E.
METODE
PEMBELAJARAN
Metode
yang digunakan yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan
pembelajaran adalah :
1.
Uswah, pemberian
teladan baik dalam proses pembelajaran maupun diluar pembelajaran. Metode ini
digunakan untuk memberikan tauladan kepada siswa terkait dengan menejemen
wanktu dan administrasi pembelajaran, berpakaian, dan seterusnya.
2.
Observing and
analising methode, digunakan untuk memberkan intrulsi kepada siswa dalam
rangkan melakukan pengamatan dan melakukan analisa terhadap materi
pembelajaran.
3.
Lecture mothode,
atau metode ceramah, memaparkan poin-poin dari materi pembelajaran yang
mengharuskan penjabaran karena memiliki tingkat kesulitan yang tinggi (beyond
the capacity students’s analysis and knowledges)
4.
Tanya jawab,
menanya atau memberikan komentar (tanggapan) terhadap materi ajar.
5.
Inkuiri,
digunakan dalam pembelajaran topic ajar yang memungkinkan bagi siswa untuk
mencari secara mandiri pengetahuan keilmuannya, mencari dalil/ argument.
6.
Recitation
method (metode resitasi), diterapkan dalam mengajarkan materi ajar yang
bersifat pokok-pokok yang mengharuskan penghafalan.
7.
Modeling
methode, membiasakan berprilaku yang mencerminkan implementasi dan aplikasi
dari materi pembelajaran
8.
Metode simulasi
dan demonstrasi, digunakan dalam pembelajaran sub-sub materi ajar memerlukan
aktifitas mensimulasikan nya atau meraktikkannya.
F.
MEDIA,
ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media : gambar,
gambar ilustrasi, papan tulis
2.
Alat/Bahan :
kertas, spidol, pena/pensil
3.
Sumber
pembelajaran : Buku Pedoman Guru Mapel FIQIH MA, Kemenag RI, 2014, Buku
Pegangan Siswa Mapel Mapel FIQIH MA, Kemenag RI, 2014, Al-Qur’an dan
Terjamahanya, Buku penunjang lainnya
yang relevan, Media cetak dan elektronik sesuai materi, Lingkungan
sekitar yang mneunjang, dan Internet.
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.
Pendahuluan (10
Menit)
·
Guru
menyampaikan salam dan membiasakan siswa berdoa sebelum proses pembelajaran
·
Guru
menkondisikan siswa untuk kesiapan menjalankan proses pembelajaran
·
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran yang akan dilangsungkan dan memberikan sedikit penjelasan
sebagai motivasi dan minat siswa terhadap materi ajar yang akan
diprosebelajarkan.
b.
Kegiatan Inti
Mengamati
Ø menyimak penjelasan guru tentang pengertian
fikih dan syariah
Ø mengamati tayangan slide tentang prinsip ibadah dan syariah
Ø Membaca
ulang materi
Menanya
Ø memberikan
tanggapan hasil penjelasan guru tentang pengertian syariah
Ø Melakukan Tanya jawab tentang slide yang belum
difahami terkait prinsip ibadah dan syariah
Eksplorasi/eksperimen
Ø Menggali
informasi tentang prinsip ibadah dan syariah
Ø Menemukan
pengertian syariah pada internet/buku sumber lain
Mengasosiasi
Ø merumuskan
prinsip ibadah dan syariah
Ø memilah dan membandingkan antara ibadah dan syariah dalam konsep fikih Islam
Mengkomunikasikan
Ø memaparkan
secara bergantian di depan kelas.
c.
Penutup
·
Guru mengadakan
fleksikan proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan siswa
·
Guru menyinggung
topic pembelajaran yang akan diprosesbelajarkan pada pertemuan selanjutkan
·
Guru memberikan
pesan-pesan moral terkait dengan penanaman sikap KI 1 dan KI 2
·
Guru mengajak
siswa berdoa mengakhiri pembelajaran
H.
PENILAIAN
a. Sikap spiritual
Intrumen terlampir
b. Sikap sosial
Observasi
Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Intrumen terlampir
c. Kognitif
1)
Tes
Tulis/Lisan
·
Pilihan ganda
·
Jawaban singkat
·
Isian
·
Uraian obyektif
dan non obyektif
2) Tugas:
• Presentasi
Konsep Fikih Islam
d. Keterampilan/ psikomotor
Portofolio,
Guru
menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi
tentang makalah tentang konsep fiqih Islam.
Mengetahui, Bojonegoro,
Kepala MA Abu Darrin Guru Mapel Fiqih
KHM Masluchan Sholih, S.Pd.I .......................................................
NIY 791 979 016
1. Diskripsi materi ajar
2. Lembar kegiatan (LK)
3. Diskripsi media pembelajaran
4. Lembar Reviem pembelajaran
5. Instrumen penilaian kognitif
6. Desain penugasan
0 komentar:
Post a Comment