Just another free Blogger theme

Powered by Blogger.

Blog Archive ma.abudarrin

ruang tanya jawab

Popular Posts

fb Ma Abu Darrin Bojonegoro

Pages

Labels

Social Icons

Followers

Blog Archive

Featured Posts

September 18, 2011


Sign up atau mendaftarkan diri anda
Untuk mendaftar di Yahoo.com langkah² adalah sebagai berikut:
  1. Buka situs http://yahoo.com atau click disini. Seperti pada gambar berikut ini:

  2. Click menu email, kemudian tunggu sebentar sampai halaman Sign in tampil seperti gambar berikut:

  3. Click Sign up untuk mendaftar (atau kalau anda sudah punya Yahoo ID tinggal masukkan ID beserta password untuk masuk ke email anda.)
Pengisian formulir pendaftaran
Halaman berikutnya adalah formulir pendaftaran, seperti terlihat berikut ini:


Keterangan dan cara pengisian:
  • My Name
    kotak pertama diisi nama depan anda sedangkan kotak berikutnya nama belakang anda
  • Gender
    Male apabila anda laki-laki dan female bila anda perempuan
  • Birthday
    isi bulan, tanggal dan tahun kelahiran anda misal January 01 1980
  • I live in
    Negara tempat anda tinggal
  • Postal Code
    Kode pos tempat anda tinggal
  • Yahoo! ID and Email
    ID yang anda inginkan, akan lebih baik kalau anda mengkombinasikan huruf dan angka mengingat user yang mendaftar sangat banyak... jadi ada kemungkinan ID yang anda inginkan sudah dipakai orang lain. Penggunaan ID tidak boleh memakai spasi, hanya huruf, angka dan beberapa karakter khusus seperti (_). Contoh ID: Mr_John_2008
  • Password
    Isi dengan password yang anda inginkan. Ketentuan password: minimal 6 karakter dan jangan gunakan ID atau nama anda sebagai password. Untuk lebih mengamankan akan lebih baik kalau anda mengkombinasikan huruf, angka dan sepesial karakter serta memakai huruf besar/kecil.
  • Re-type Password
    Ketik lagi password anda.
  • Alternate Email
    Alamat email alternatif (apabila anda punya silahkan diisi) akan dipakai untuk mengirimkan password atau ID apabila anda lupa.
  • Security Question
    Pilih pertanyaan yang ada kemudian anda jawab di kotak "Your answer". Pertanyaan ini akan diberikan apabila anda lupa password atau ID anda.
  • Your answer
    Jawaban dari pertanyaan yang anda pilih. Saran : jawab dengan singkat dan mudah untuk diingat, sebisa mungkin hanya 1 kata.
  • Type the code shown
    Ketik huruf atau angka seperti yang terlihat pada gambar dibawahnya.
  • Do you agree?
    Centang kotak "I have read and agree to the Yahoo! Terms of Service and Yahoo! Privacy Policy, and to receive important communications from Yahoo! electronically."
Setelah semua form terisi dengan benar, click 'Create My Account'. Tunggu sampai keluar halaman konfirmasi seperti ini:


Apabila terjadi kesalahan pada saat pengisian formulir, ganti atau isi kembali ditempat yang salah dan ada tanda untuk anda segera memperbaikinya seperti terlihat berikut ini:


Apabila tidak ada pesan kesalahan, untuk masuk ke email, anda tinggal click tombol continue.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Basis Masalah)

NAMA SEKOLAH :   MA. ABU DARRIN BOJONEGORO
MATA PELAJARAN :   TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi
KELAS                     :   X
SEMESTER             :   1
Jumlah Pertemuan       : 1 Pertemuan
 

I.     Standar Kompetensi               :  
  1. Menggunakan  Internet untuk keperluan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi

II.      Kompetensi Dasar                :  
   1.1 Menggunakan e-mail untuk keperluan informasi dan komunikasi

III.   Indikator
a.                           Kognitif
1.                 Produk: 
Menjelaskan fungsi email sebagai alat komunikasi
2.                Keterampilan Proses:
Mendemonstrasikan untuk melakukan attachment file dalam email.
a.  Psikomotor
Mendemonstrasikan untuk melakukan attachment file dalam email
b.  Afektif
1.    Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a)    Jujur
b)   Peduli
c)    Tanggung jawab
d)   Kreatif
e)    Bekerja sama
2.    Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a)    Bertanya,
b)   Berpendapat
c)      Menjadi pendengar yang baik
d)   Komunikasi







IV.    Tujuan Pembelajaran:
a.   Kognitif
Produk: 
Secara mandiiri siswa Menjelaskan fungsi email sebagai alat komunikasi LP.1
Keterampilan Proses:
Secara Mandiri Siswa Mendemonstrasikan untuk melakukan attachment file dalam email LP.2.

b.   Psikomotor 
Diberikan alat siswa dapat Merencanakan dan melaksanakan eksperimen untuk mempelajari attachment file dalam email LP 3: Psikomotor.

c.    Afektif         
1.    Perilaku Berkarakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat Membuat kemajuan dalam menunjukkan perilaku berkarakter meliputi:  kejujuran, peduli, dan tanggung jawab, kreatif dan kerja sama sesuai LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter.

2.    Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat Membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi sesuai LP 5: Keterampilan Sosial.

V.  Materi Ajar
E-mail

VI.        Alokasi Waktu
2 x 45 Menit

VII.Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran      : Model Pembelajaran Berbasis Masalah (MPBM)
Metode pembelajaran:  Demonstrasi, tanya-jawab, dan pemberian tugas






VIII.  Kegiatan Pembelajaran

A.      Pendahuluan (+ 5 menit)
Kegiatan
Proses belajar mengajar
1.       Memotivasi siswa dengan menunjukkan komponen transistor beraneka ragam bentuk.
2.       Menyampaikan tujuan pembelajaran kognitif, psikomotor, dan afektif.
Terlaksana / Tidak


B.       Inti (+ 80 menit)
Kegiatan
Proses belajar mengajar
Pengggalan 1
1.      Guru menjelaskan pengetahuan tentang fungsi email sebagai alat komunikasi dan dijelaskan kegunaannya. Memberikan kesempatan bertanya, berpendapat dan berkomunikasi serta melakukan penilaian LP5 : Pengamatan ketrampilan sosial. (Fase 1 MPBM)
2.      Guru menjelaskan pengetahuan melakukan attachment file dalam email. (Fase 1 MPBP). Membeikan kesempatan bertanya, berpendapat dan berkomunikasi serta melakukan penilaian LP5 : Pengamatan (Fase 1 MPBM).
3.      Guru membimbing siswa merumuskan hipotesa melakukan attachment file dalam email (Fase 2 MPBM).
4.      Guru mensetting menjadi kelompok, guru membimbing siswa mendidkusikan dalam merumuskan definisi operasinal variabel (fase 4 MPBM)
5.      Membimbing kelompok melaksanakan eksperimen (fase 3 MPBM)
6.      Membimbing siswa mengisi kolom hasil eksperimen (fase 3 MPBM)
7.      Membimbing kelompok menganalisis data dan menarik kesimpulan (fase 3 MPBM)
Pengggalan 2
8.      Membimbing kelompok merencanakan pembuatan laporan. Guru sambil menyapaikan laporan sikap prilaku kepada siswa. (fase 4 MPBM)
9.      Membimbing siswa menganalisa dan mengevalusi proses pemecahan masalah (Fase 5 MPBM)


Terlaksana / Tidak











Terlaksana / Tidak


Terlaksana / Tidak





Terlaksana / Tidak

C. Penutup (+ 5 menit)
Kegiatan
Proses belajar mengajar
1.       Guru menutup siswa dan memberi tugas untuk mencari manfaat penggunaan transistor sebagai saklar.
Terlaksana / Tidak

IX.        Penilaian Hasil Belajar
Penilai selama praktek dilakukan dengan menggunakan LP1 sampai dengan LP5

X.           Sumber Belajar
1.        Transistor
2.        Media pembelajaran power point
3.        LP 1: Produk
4.        LP 2: Proses
5.        LP 3: Psikomotor
6.        LP 4: Format Pengamatan Keterampilan Karakter
7.        LP 5: Format Pengamatan Keterampilan Sosial

XI.        Alat dan bahan
Email

XII.     Penilaian Hasil Belajar
Penilai selama praktek dilakukan dengan menggunakan LP1 sampai dengan LP5

XIII.  Sumber Belajar
1.        Buku Paket
2.        Bukiu LKS
3.        Power Point

Mengetahui
Kepala Sekolah



Drs. KHM. MASLUCHAN SHOLIH
NIY. 791 979 016



Guru Mata Pelajaran




Didik Samsul Hadi