Just another free Blogger theme

Powered by Blogger.

Blog Archive ma.abudarrin

ruang tanya jawab

Popular Posts

fb Ma Abu Darrin Bojonegoro

Pages

Labels

Social Icons

Followers

Blog Archive

Featured Posts

August 7, 2011







Publikasi
Workshop Peningkatan Mutu Madrasah / Pelatihan Guru
di MA. Abu Darrin Kendal/Sumbertlasseh Dander Bojonegoro.
Ditulis oleh : DIDIK SH S.Pd.I

Sehubungan dengan diperolehnya anggaran yang berasal dari MEDP tahun anggaran 2010, madrasah merasa memiliki tanggungjawab yang tinggi untuk mengimplementasikan anggaran tersebut agar sesuai dengan sasaran yang pernah diajukan melalu madrasah development plan (MDP);

Maka diadakanlah kegiatan : “ Workshop Peningkatan Mutu Madrasah / Pelatihan Guru di MA. Abu Darrin Kendal/Sumbertlaseh Dander Bojonegoro.
Dengan Anngaran Pelatihan Guru TA. 2010 sejumlah Rp. 10.000.000,-

Tujuan Kegiatan ini hendak memberikan ilmu kepada Guru tentang :
1.    Kebijakan Kemenag RI
2.    Managemen Berbasis Madrasah dan Sertifikasi Guru
3.    Pengembangan RPP, Silabus, Pembuatan Kisi – kisi Soal
4.    Kebijakan TIK di Kabupaten Bojonegoro Mengenal Program Internet & Powerpoint sebagai Media Pembelajaran

Dasar Hukum Kegiatan
1.    Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.    Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
3.    Buku Petunjuk Teknis Pengelolaan Block Grant bagi Madrasah, Madrasah Education Development Project ADB Loan 2294 – INO (SF)
4.    Hasil Review MDP, Madrasah Education Development Project ADB Loan 2294 – INO (SF) Hasil Revisi (Brekadown) Penggunaan Dana Tahun Anggaran 2010, Madrasah Education Development Project ADB Loan 2294 – INO (SF)

Kepanitiaan kecil berdasarkan SK Kepala Madrasah Nomor:037/MA.AD/ SK/P.GURU. MEDP Th.2010/XII/2010 yang terdiri dari:
Fasilitator       : SULANAM,M.Pd
Pelindung     : KHM. MASLUCHAN SHOLIH
Ketua              : M. SHOLIHIN, S.Pd
Sekretaris      : DIDIK SH, S.Pd.I
Bendahara    : M. SUBAIHUL MUFID,SE.






Adapun Pelaksanaannya pada tanggal 5 Pebruari 2011 pada hari pertama dimulai jam 07:00 wib sd 16:00 wib dengan susunan acara :
1.    Kebijakan Kemenag cq. Kasie Mapenda selaku DCU Kab.Bojonegoro oleh Bapak Drs. H. Munir M.Hum
2.    Managemen Berbasis Madrasah dan Sertifikasi Guru oleh Pengawas Kemenag Kab.Bojonegoro Drs.H.Hasan, M.Pd
3.    Pengembangan RPP, Silabus, Pembuatan Kisi – kisi Soal oleh : Pengawas Kemendiknas Kab.Bojonegoro Drs.H.Agus Huda,M.Pd
4.    Kebijakan TIK di Kabupaten Bojonegoro Mengenal Program Internet & Powerpoint  sebagai Media Pembelajaran. Ketua Dewan TIK Kab. Bojonegoro Drs.H. Yudi Pramono,MM.


            Peserta pelatihan diikuti sejumlah 107 Guru Semua Dewan Guru di bawah naungan Yayasan Pendidikan Abu darrin (YPAD) jenjang RA/PAUD 6 Guru Putri, MI (16 Guru) 6 Guru Putri dan10 Guru Putra, MTs (39 Guru) 27 Guru Putri dan 12 Guru Putra, MA.(43 Guru) 29 Guru Putri dan 14 Guru Putra

            Selain kegiatan diatas dalam open ceremony ditampilkan anak- anak 10 siswa terdiri 5 siswa putra dan 5 siswa putri dengan anggaran di tahun 2010 sejumlah Rp. 24.000.000,- yakni Rianto Bin Sutari, 2.S.Ali Zainal Abdin Al Jufri bin Alwi Al Jufri, Jauharul Ma’azis bin Rohmat, M.Abdul Kamid bin M.Kosim, M.Abdul Wahib bin Dzulkoifan, St.Nurul Adkha Anahariah binti Asikhul Mukminin, Novi Ristiya Wardani binti Buani, Nur Lailatul Awaliyah binti M. Basari, Nur Halimah binti Ali Kumaedi, Masrurin Ihsaniatin binti Mohammad Mashudi dalam sambutannya Bapak KHM. Masluchan Sholih selaku Kepala MA.Abu Darrin menerangkan bahwa kesepuluh anak diatas mendapatkan kebebasan pembayaran selama 3 tahun pendidikan berupa bebas uang SPP, Uang LKS. Uang Semester, Uang UTS. Maksud diberikannya Program Transisi beasiswa ini tak lain adalah mengurangi angka Drop Out  sebagaimana tujuan dari program MEDP Itu sendiri.
      
       Selesai














Komentar  Guru :  
  1. Zahrotun Ni’mah, S.Pd.I : “Sangat termotivasi sekali dengan adanya pelatihan guru diatas sebagai tuntutan dari KBM dan para trinernya sangat profesional sehingga betah mengikuti kegiatannya dari awal sampai akhir.”
  2. Khoirul Anwar, S.Pd: “Materi pengembangan silabus semakin memperkaya wawasan saya. Ternyata banyak hal yang sebelumnya saya tidak mengerti, namun setelah pelatihan MEDP yang di selenggarakan MA. Abu Darrin, saya semakin tertantang untuk menjadi guru yang lebih baik.”
  3. Abdul Ghofur, S.Pd.I : “ Banyak hal yang saya dapat waktu pelatihan, Diskusi hangat antara peserta dengan nara sumber membuat kegiatan ini semakin asyik dan menarik. Kapan di adakan pelatihan semacam ini lagi”
  4. Romawati, S.Pd.I: “Ternyata memjadi guru itu tidak mudah, harus banyak belajar dan belajar, Semakin banyak belajar, semakin jelas generasi bangsa akan membanggakan indonesia.. suskses buat guru – guru semua terimakasih MEDP untuk pelatihanya. “
  5. Ummu Rofi’ah, S.S : “Sepertinya masih banyak yang harus di tata di sekolahan kita ini, peltihan kemrin mengajarkan betapa memgelola madrasah dan menjadi guru yang profesional bukan sesuatu yang mudah, tapi tetap harus dijalani.”

  1. M.Sulton,S.Pd : “Saya sangat suka materi pengunaan IT dalam pendidikan, ternyata banyak hal yang bisa kita jadikan referensi  untuk pengajaran yang ada di dunia maya.”
  2. DIDIK SH S.Pd.I : “Mestinya kegiatan semacam ini ( MEDP) di selenggarakan setiap sebulan sekali, biar motivasi dan profesinalitas guru semakin terasah 
  3. FARIDA I’ANA, S.Ag: Materi pengembangan silabus dan RPP mestinya di tambah lebih lama lagi, karena dari sana inti pengajran di ambil. Semoga kapan – kapan ada lagi pelatihan semacam ini


TRIMS ATAS KUNJUNGANNYA, TEGUR SAPA SANGAT BERARTI BAGI KAMI ma.abudarrinbojonegoro@yahoo.com

0 komentar: