Just another free Blogger theme

Powered by Blogger.

Blog Archive ma.abudarrin

ruang tanya jawab

Popular Posts

fb Ma Abu Darrin Bojonegoro

Pages

Labels

Social Icons

Followers

Blog Archive

Featured Posts

October 6, 2011

Adobe Photoshop atau biasa kita kenal Photoshop adalah sebuah program untuk mengolah grafik yang dikembangkan dan dikeluarkan oleh Adobe System. Saat ini Photoshop merupakan pemimpin dalam industri software untuk mengedit gambar. Dan diantara kita mungkin jarang yang tidak mengenal Photoshop karena aplikasi Photoshop mungkin salah satu aplikasi untuk mengedit gambar yang terbaik.
Namun Photoshop tidak gratis dan kita harus membayar sejumlah uang yang cukup besar agar dapat menggunakannya. Apakah diluar sana ada aplikasi untuk mengolah gambar selain Photoshop?
PCWorld telah mengulas tentang aplikasi pengolah gambar yang gratis dan cukup bisa diandalkan bagi pengguna Windows yang kita bisa gunakan sebagai pengganti bagi Photoshop.
1. GNU Image Manipulation Program (GIMP)

gimp

Ketika kita berpikir tentang software Open Source, sering kali kita berpikir tentang software setengah jadi yang susah dikuasai oleh orang biasa dan kemampuannya diragukan. Sepertinya memang kita mesti berpikir ulang dalam hal itu. GIMP merupakan pengolah gambar yang cukup bagus, tampilannya cukup baik bahkan terkesan eksentrik. Meskipun GIMP gratisan namun banyak orang yang menganggapnya memiliki kemampuan sebaik Photoshop. GIMP memiliki perangkat untuk mengolah foto termasuk filter, efek, mask, layer dan lainnya.
Dan tidak lupa perangkat dasar dari sebuah pengolah foto pun terdapat di GIMP seperti penghilang red eye dan banyak juga yang lainnya. Aplikasi ini bagi kita yang menginginkan pengolah foto tingkat profesional namun tidak ingin mengeluarkan uang untuk mendapatkannya.

Catatan: Antivirus Norman telah salah mengenali installer windows dan menganggapnya sebagai virus, jadi berhati-hatilah.

2. Windows Live Photo Gallery
windowslivephoto
Setiap orang akan membutuhkan sebuah program yang bisa digunakan untuk menyortir, mengatur, mengelola dan mencari foto mereka dan Windows Live Photo Gallery membuktikan bahwa kita bisa mendapatkan software berkelas dunia tanpa harus mengeluarkan biaya sedikit pun. Merupakan produk dari Microsoft, Windows Live Photo Gallery adalah pengembangan dari versi Photo Gallery yang dikeluarkan bersama Windows Vista namun bisa digunakan baik itu utk Vista ataupun XP. Memiliki fitur-fitur organizer yang mengagumkan termasuk fitur ukuran thumbnail yang mudah diubah-ubah, keyword tagging dan kemampuan untuk mengupload foto langsung ke Windows Live Spaces dan Flickr. Salah satu fitur favoritnya adalah tool panoramic stitching yang terintegrasi.

3. FastStone Image Viewer



faststone
Jika kita ingin gambar kita terlihat sangat baik tapi kita tidak memiliki biaya yang cukup seperti halnya fotografer profesional maka kita bisa gunakan FastStone Image Viewer. Aplikasi gratisan ini bisa digunakan untuk mem-browse dan menampilkan gambar kita dalam antar muka seperti Windows Explorer. FastStone image viewer mendukung semua jenis format gambar, termasuk BMP, GIF, ICO, JPEG, JPEG2000, PCX, PNG, PSD, TAF, TIF, dan WMF. Termasuk juga dukungan untuk metadata EXIF. Kita dapat meng-crop, merubah ukuran, memutar dan menyesuaikan warna pada gambar kita dan membandingkannya satu demi satu.
Kita dapat juga merubah format gambar dari satu format ke format lainnya. Jika kita ingin melihat lebih dekat gambar tanpa harus merubah ukuran kita bisa gunakan penambil gambar secara Full Screen dengan membesarkannya. Kita juga dapat menerapkan 150 efek transisional ke sebuah slideshow.

4. Gimpshop
gimpshop

Gimpshop
memiliki kemampuan seperti Photoshop namun bagi kita penggemar awam memang jarang ada yang menggunakannya. Kita mungkin hanya menggunakan fungsi touch up foto atau lainnya yang sederhana seperti bermain multiple layer. Dan aplikasi ini bisa jadi pilihan kita.
Selain itu Gimpshop juga memiliki efek-efek dan filter yang mengagumkan, kemampuan untuk membuat warna gradien secara mudah dan banyak lagi. Bahkan jika kita hanya menggunakan untuk mengolah gambar secara dasar maka kita sudah mendapatkannya di Gimpshop. Program ini berbasiskan favorit Open Source yaitu GIMP namun lebih diarahkan untuk mirip dengan Photoshop.



5. AndreaMosaic
andreamosaic

AndreaMosaic akan membantu kita membuat gambar yang cukup indah dari foto yang tersimpan di hard drive kita. Dengan aplikasi gratisan ini kita dapat membuat foto mosaik kita sendiri. Sebuah foto mosaik adalah sebuah mosaik yang tiap bagiannya adalah sebuah mosaik dan bukan hanya bagian dari sebuah warna sederhana.



TRIMS ATAS KUNJUNGANNYA, TEGUR SAPA SANGAT BERARTI BAGI KAMI ma.abudarrinbojonegoro@yahoo.com

0 komentar: