Just another free Blogger theme

Powered by Blogger.

Blog Archive ma.abudarrin

ruang tanya jawab

Popular Posts

fb Ma Abu Darrin Bojonegoro

Pages

Labels

Social Icons

Followers

Blog Archive

Featured Posts

September 18, 2011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Basis Masalah)

NAMA SEKOLAH :   MA. ABU DARRIN BOJONEGORO
MATA PELAJARAN :   TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi
KELAS                     :   X
SEMESTER             :   1
Jumlah Pertemuan       : 1 Pertemuan
 

I.     Standar Kompetensi               :  
  1. Menggunakan  Internet untuk keperluan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi

II.      Kompetensi Dasar                :  
   1.1 Menggunakan e-mail untuk keperluan informasi dan komunikasi

III.   Indikator
a.                           Kognitif
1.                 Produk: 
Menjelaskan fungsi email sebagai alat komunikasi
2.                Keterampilan Proses:
Mendemonstrasikan untuk melakukan attachment file dalam email.
a.  Psikomotor
Mendemonstrasikan untuk melakukan attachment file dalam email
b.  Afektif
1.    Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a)    Jujur
b)   Peduli
c)    Tanggung jawab
d)   Kreatif
e)    Bekerja sama
2.    Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a)    Bertanya,
b)   Berpendapat
c)      Menjadi pendengar yang baik
d)   Komunikasi







IV.    Tujuan Pembelajaran:
a.   Kognitif
Produk: 
Secara mandiiri siswa Menjelaskan fungsi email sebagai alat komunikasi LP.1
Keterampilan Proses:
Secara Mandiri Siswa Mendemonstrasikan untuk melakukan attachment file dalam email LP.2.

b.   Psikomotor 
Diberikan alat siswa dapat Merencanakan dan melaksanakan eksperimen untuk mempelajari attachment file dalam email LP 3: Psikomotor.

c.    Afektif         
1.    Perilaku Berkarakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat Membuat kemajuan dalam menunjukkan perilaku berkarakter meliputi:  kejujuran, peduli, dan tanggung jawab, kreatif dan kerja sama sesuai LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter.

2.    Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat Membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi sesuai LP 5: Keterampilan Sosial.

V.  Materi Ajar
E-mail

VI.        Alokasi Waktu
2 x 45 Menit

VII.Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran      : Model Pembelajaran Berbasis Masalah (MPBM)
Metode pembelajaran:  Demonstrasi, tanya-jawab, dan pemberian tugas






VIII.  Kegiatan Pembelajaran

A.      Pendahuluan (+ 5 menit)
Kegiatan
Proses belajar mengajar
1.       Memotivasi siswa dengan menunjukkan komponen transistor beraneka ragam bentuk.
2.       Menyampaikan tujuan pembelajaran kognitif, psikomotor, dan afektif.
Terlaksana / Tidak


B.       Inti (+ 80 menit)
Kegiatan
Proses belajar mengajar
Pengggalan 1
1.      Guru menjelaskan pengetahuan tentang fungsi email sebagai alat komunikasi dan dijelaskan kegunaannya. Memberikan kesempatan bertanya, berpendapat dan berkomunikasi serta melakukan penilaian LP5 : Pengamatan ketrampilan sosial. (Fase 1 MPBM)
2.      Guru menjelaskan pengetahuan melakukan attachment file dalam email. (Fase 1 MPBP). Membeikan kesempatan bertanya, berpendapat dan berkomunikasi serta melakukan penilaian LP5 : Pengamatan (Fase 1 MPBM).
3.      Guru membimbing siswa merumuskan hipotesa melakukan attachment file dalam email (Fase 2 MPBM).
4.      Guru mensetting menjadi kelompok, guru membimbing siswa mendidkusikan dalam merumuskan definisi operasinal variabel (fase 4 MPBM)
5.      Membimbing kelompok melaksanakan eksperimen (fase 3 MPBM)
6.      Membimbing siswa mengisi kolom hasil eksperimen (fase 3 MPBM)
7.      Membimbing kelompok menganalisis data dan menarik kesimpulan (fase 3 MPBM)
Pengggalan 2
8.      Membimbing kelompok merencanakan pembuatan laporan. Guru sambil menyapaikan laporan sikap prilaku kepada siswa. (fase 4 MPBM)
9.      Membimbing siswa menganalisa dan mengevalusi proses pemecahan masalah (Fase 5 MPBM)


Terlaksana / Tidak











Terlaksana / Tidak


Terlaksana / Tidak





Terlaksana / Tidak

C. Penutup (+ 5 menit)
Kegiatan
Proses belajar mengajar
1.       Guru menutup siswa dan memberi tugas untuk mencari manfaat penggunaan transistor sebagai saklar.
Terlaksana / Tidak

IX.        Penilaian Hasil Belajar
Penilai selama praktek dilakukan dengan menggunakan LP1 sampai dengan LP5

X.           Sumber Belajar
1.        Transistor
2.        Media pembelajaran power point
3.        LP 1: Produk
4.        LP 2: Proses
5.        LP 3: Psikomotor
6.        LP 4: Format Pengamatan Keterampilan Karakter
7.        LP 5: Format Pengamatan Keterampilan Sosial

XI.        Alat dan bahan
Email

XII.     Penilaian Hasil Belajar
Penilai selama praktek dilakukan dengan menggunakan LP1 sampai dengan LP5

XIII.  Sumber Belajar
1.        Buku Paket
2.        Bukiu LKS
3.        Power Point

Mengetahui
Kepala Sekolah



Drs. KHM. MASLUCHAN SHOLIH
NIY. 791 979 016



Guru Mata Pelajaran




Didik Samsul Hadi


TRIMS ATAS KUNJUNGANNYA, TEGUR SAPA SANGAT BERARTI BAGI KAMI ma.abudarrinbojonegoro@yahoo.com

0 komentar: