Just another free Blogger theme

Powered by Blogger.

Blog Archive ma.abudarrin

ruang tanya jawab

Popular Posts

fb Ma Abu Darrin Bojonegoro

Pages

Labels

Social Icons

Followers

Blog Archive

Featured Posts

March 8, 2015



UJIAN AKHIR SEMESTER TAHUN AKADEMIK 2014/2015

PROGRAM PASCASARJANA

UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM JOMBANG

====================================================

 

Psikologi Pendidikan
Oleh: Prof. Dr. Suharnan, M.S.

DIDIK SH, S.Pd.I
NIM : 14010074

RESUME

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan , penguasaan kemahiran dan tabiat , serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun. Pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, walaupun mempunyai konotasi yang berbeda.
Dalam konteks pendidikan , guru mengajar supaya peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan :
(Taksonomi Bloom
1.      Cognitive objectives
Proses-proses intelektual: pengetahuan, persepsi, berpikir, penalaran, memecahkan masalah, membuat keputusan

2.      Affective objectives
Perasaan, sikap, nilai, motivasi, apresiasi

3.      Psychomotor objectives
Keterampilan melakukan kegiatan: mengetik, menari, menulis, membaca, memainkan alat musik, menendang bola, melukis, shala


Pengajaran memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan guru saja. Sedangkan pembelajaran juga menyiratkan adanya interaksi antara guru dengan peserta didik.


Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama: mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
Guru Yang Baik (Good Teacher) menurut persepsi siswa, memiliki karakteristik:
1.      Mengajar dengan cara-cara yang dapat dipahami siswa
2.      Mendorong siswa untuk menemukan apa yang terbaik dari siswa.
3.      Mencurahkan waktu untuk men mcoba memahami siswa sebagai orang/manusia
4.      Mampu mengorganisasikan siswa dengan baik
5.      Mempunyai rasa humor (sense of humor)
6.      Membuat siswa merasa baik tentang dirinya
7.      Mengajar dengan penuh antusias (semangat-minat)
8.      Bersikap adil (fair)
9.      Membuat siswa merasa bertanggung jawab


Perubahan yang permanen
Belajar teoristis, tekhnis, social, estitika

Jenis – jenis belajar :

Van pareren : 1. Memebentukm otomatisme, belajar  iinidental sewaktu – waktu, menghafal, pengetahuan, arti kata, konsep memecahkan masalah. Berpikir, belajar untuk belajar, belajar dinamis

Sedangkan menurut c.buhller
5 tahapan Perkembangan psikis mental
1. Permulaaan umur dan
2. penanjakan  0 -25 tahun
3.. Puncak masa hidup 25-50
4. Penurunan 50 -70 thn
5.Akhir Penurunan 50-70 thn

Orang hebat adalah orang yg bias menyelesaikan masalah
Tidak melarikan diri dari masalah

Kecerdasan emosional
1.Mengenal emosi diri
2, mengelola emosi
3.memotivasi diri
4.memahami emosi orang lain
5. Membina persahabatan


Prinsip Penataan kelas
1.kurangi kepadatan
2.guru dapat melihat semua murid
3.materi da perlengkapan mudah diakses
4.pastikan murid muda melihat presentasi kelas

Categories:


TRIMS ATAS KUNJUNGANNYA, TEGUR SAPA SANGAT BERARTI BAGI KAMI ma.abudarrinbojonegoro@yahoo.com

0 komentar: