UJIAN
AKHIR
SEMESTER TAHUN AKADEMIK 2014/2015
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM JOMBANG
====================================================
Psikologi
Pendidikan
Oleh: Prof. Dr.
Suharnan, M.S.
|
DIDIK SH, S.Pd.I
NIM :
14010074
|
RESUME
Pembelajaran adalah
proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu
lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar
dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan , penguasaan kemahiran dan
tabiat , serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan
kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat
belajar dengan baik.
Proses pembelajaran
dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan
kapanpun. Pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran,
walaupun mempunyai konotasi yang berbeda.
Dalam konteks pendidikan
, guru mengajar supaya peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran
hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan :
(Taksonomi Bloom
1.
Cognitive objectives
Proses-proses intelektual: pengetahuan, persepsi, berpikir,
penalaran, memecahkan masalah, membuat keputusan
2.
Affective objectives
Perasaan, sikap, nilai, motivasi, apresiasi
3.
Psychomotor objectives
Keterampilan melakukan kegiatan: mengetik, menari, menulis,
membaca, memainkan alat musik, menendang bola, melukis, shala
Pengajaran memberi kesan
hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan guru saja. Sedangkan
pembelajaran juga menyiratkan adanya interaksi antara guru dengan peserta
didik.
Guru
adalah pendidik profesional dengan tugas utama: mendidik, mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
Guru
Yang Baik (Good Teacher)
menurut persepsi siswa, memiliki karakteristik:
1. Mengajar dengan cara-cara yang dapat dipahami siswa
2. Mendorong siswa untuk menemukan apa yang terbaik dari siswa.
3. Mencurahkan waktu untuk men mcoba memahami siswa sebagai
orang/manusia
4. Mampu mengorganisasikan siswa dengan baik
5. Mempunyai rasa humor (sense of humor)
6. Membuat siswa merasa baik tentang dirinya
7. Mengajar dengan penuh antusias (semangat-minat)
8. Bersikap adil (fair)
9. Membuat siswa merasa bertanggung jawab
Perubahan yang permanen
Belajar teoristis, tekhnis, social,
estitika
Jenis – jenis belajar :
Van
pareren : 1.
Memebentukm otomatisme, belajar
iinidental sewaktu – waktu, menghafal, pengetahuan, arti kata, konsep
memecahkan masalah. Berpikir, belajar untuk belajar, belajar dinamis
Sedangkan menurut c.buhller
5 tahapan Perkembangan psikis mental
1. Permulaaan umur
dan
2. penanjakan 0 -25 tahun
3.. Puncak masa hidup 25-50
4. Penurunan 50 -70 thn
5.Akhir Penurunan 50-70 thn
Orang hebat adalah orang yg bias
menyelesaikan masalah
Tidak melarikan diri dari masalah
Kecerdasan emosional
1.Mengenal emosi diri
2, mengelola emosi
3.memotivasi diri
4.memahami emosi
orang lain
5. Membina
persahabatan
Prinsip
Penataan kelas
1.kurangi kepadatan
2.guru dapat melihat semua murid
3.materi da perlengkapan mudah
diakses
4.pastikan murid muda melihat
presentasi kelas
0 komentar:
Post a Comment