Psikologi Pendidikan
Oleh: Prof. Dr. Suharnan, M.S. (2008)
GURU (TEACHER)
Komponen amat penting
dalam proses /aktivitas pendidikan-pengajaran-belajar siswa
A. Guru Yang Baik (Good Teacher)
menurut persepsi siswa, memiliki
karakteristik:
1.
Mengajar dengan cara-cara yang dapat dipahami siswa
2.
Mendorong siswa untuk menemukan apa yang terbaik dari siswa.
3.
Mencurahkan waktu untuk mencoba memahami siswa sebagai orang/manusia
4.
Mampu mengorganisasikan siswa dengan baik
5.
Mempunyai rasa humor (sense of humor)
6.
Membuat siswa merasa baik tentang dirinya
7.
Mengajar dengan penuh antusias (semangat-minat)
8.
Bersikap adil (fair)
9.
Membuat siswa merasa bertanggung jawab
Pendapat yang lain:
Karakteristik guru yang baik
adalah:
-
Natural (wajar-alamiah)
-
Warm (hangat)
-
Pleasant (menyenangkan)
-
Approachable (dapat didekati
-
Tolerant (tenggang rasa)
Karier guru masa depan:
Komponen penting/kunci (key component for success)
1. Good communicator
2. Good interpersonal
relationships
B. Tugas Guru ----> Proses Pengajaran
1. Memilih dan menetapkan tujuan pengajaran
2. Memahami karakteristik siswa
3. Memahami dan menggunakan ide-ide
di seputar hakikat belajar dan motivasi belajar
4. Memilih dan menggunakan cara-cara
mengajar (metode-metode dan latihan-latihan)
5. Mengevaluasi proses dan hasil
belajar siswa
TUJUAN PENGAJARAN
A. Argumen Tujuan Pengajaran
Dengan
merumuskan tujuan, guru dapat:
1.
merencanakan aktivitas;
2.
melaksanakan; dan
3.
mengevaluasi aktivitas.
B. Jenis-jenis Tujuan Pengajaran
Taksonomi
Bloom
1.
Cognitive objectives
Proses-proses
intelektual: pengetahuan, persepsi, berpikir, penalaran, memecahkan masalah,
membuat keputusan
2.
Affective objectives
Perasaan,
sikap, nilai, motivasi, apresiasi
3.
Psychomotor objectives
Keterampilan
melakukan kegiatan: mengetik, menari, menulis, membaca, memainkan alat musik,
menendang bola, melukis, shalat
Undang-Undang Republik
Indonesia
Nomor
14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen
Guru adalah pendidik
profesional dengan tugas utama: mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan,
melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. (Pasal 1, ayat 1)
Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan
dengan tugas utama: mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian
masyarakat. (Pasal 1, ayat 2)
Guru wajib memiliki 4
kompetensi
(Pasal 10, ayat 1)
1. Kompetensi
Pedagogik
Kemampuan
mengelola pembelajaran peserta didik.
2. Kompetensi
Kepribadian
a. Kemampuan
kepribadian yang mantap;
b. Berakhlak
mulia;
c. Arif/bijaksana;
d. Berwibawa;
e. Menjadi
teladan peserta didik.
3. Kompetensi
Profesional
Kemampuan
penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam.
4. Kompetensi
Sosial
Kemampuan
berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan
peserta didik, sesama guru, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat
sekitar.
Struktur Kurikulum 10
Tahun (kelas I-X)
A.
Kelas I-II
1. First language
2. Arithmetic
3. Social science & General science
4. Work experience and art
5. Physical education and game
B.
Kelas III-V
1. First language
2. Arithmetic
3. Social science
4. General science
5. Work experience
6. Physical education and game
C.
Kelas VI-VIII
1. First language and second language
2. Arithmetic (maths and geometry)
3. Social science (history, civic,
geography,
economy)
4. Science (element of
physical&biological science)
5. Art
6. Work experience
7. Physical education, health, and game
D.
Kelas IX-X
Sama dengan sebelumnya, kecuali
1. Penambahan bahasa asing (kedua)
2. Pelajaran Psikologi
Argumen tentang apa
yang ingin dipelajari siswa
1.
Mengetahui dan memahami sejumlah (tidak semua) fakta, ide, definisi, prinsip,
contoh, prosedur, untuk selanjutnya digunakan berpikir dan memecahkan masalah.
2.
Keahlian (expertice) dalam sutu
bidang tidak selalu diikuti oleh keahlian di bidang lain.
Untuk
itu mempelajari semua pengetahuan dan keterampilan bukan merupakan alternatif
terbaik. Sebab yang akan digunakan dlam kehidupan dan pekerjaan hanya sebagian.
3.
Di Indonesia terlalu banyak jenis mata pelajaran (mata kuliah), sedang di luar
negeri (AS, India, dan Australia) hanya sedikit.
0 komentar:
Post a Comment